4G di klaim mampu berlari hingga 1Gbps, namun apa itu benar bisa terjadi ?


4g+haxims.jpg

Bro…
Jika nanti nokia X10 sudah launching dan kamu tertarik untuk membelinya (dengan alasan ingin mencoba 4G) sebaiknnya kamu membaca artikelku yg satu ini…

Nokia X10 mungkin akan menjadi ponsel pertama yg memiliki koneksi 4G secara terbuka… ( cek di sini untuk melihat lebih detail X10)

pertanyaanya, apakah teknologi 4G benar-benar cepat ? Sebelum bicara tentang kenyataan, w mau ngasih tau sedikit tentang apa itu 4G.

Sebelum 4G muncul, koneksi yg terbilang memiliki potensi untuk menikmati akses internet kecepatan tinggi ialah 3G.
Namun ternyata masih banyak orang yg keliru mengartikan 3G.
Justru kebanyakn berpendapat 3G merupakan fitur video call. Loh?
Yuap, dulu banyak yg tanya ke w.

Q: mas, ada henpon 3G (tri ji) ga?
A: ada, buat internet ya…
Q: internet? Bukan, tapi buat ituloh biar bisa nelpon sambil tatap muka (video call)
A: oh……???????

jaddi sewaktu 3G memboming, ternyata sebagian masih mengira hanya mengandalkan fitur video call saja tanpa memanfaatkan koneksi internetnya.

Lalu berkembang menjadi 3,5G atau istilah lainnya ialah HSDPA…
Di sini mulai mengerti arti sesungguhnya…
Jika memang di tujukan untuk akses internet kecepatan tinggi…
Itu terbukti dengan larisnya ponsel 6120c. Hp ini memang merupakan ponsel termurah yg memiliki fitur 3,5G saat itu.

Q: mas, saya lagi nyari modem hp 3,5G nih, apa ya yg murah ?
A: kenapa ga nyoba 6120c ? Kebetulan sya lagi make (saat itu w memang masih pake 6120c)
Q: ow… Thx

dan munculah 4G (sebenarnya belum resmi di umumkan launching secara terbuka)
lihat ilustrasi gambar di bawah ini 3gvs4g.jpg

apakah 4G secepat itu ?
Melihat rumor yg beredar dan secara teori, 4G memiki kecepatan internet yg terbilang sangat cepat…!!!
Bayangin, jika HSDPA (3,5G) saja mampu lari hingga 3,6mbs (maxi ga nyampe 12mbs)
4G akan memiliki akses kecepatan internet 100mbs – 1Gbps !!!!

4G bukannya belum sama sekali hadir di negara kita, WIMAX adalah teknologi 4G pertama kali di indonesia
kecepatannya saat itu di klaim mampu lari sampai 1Gbps.

– WiMAX 16.d, atau sering disebut WiMAX nomadic dengan mobilitas terbatas hingga kecepatan 70 Mbps.
– WiMAX 16.e, merupakan WiMAX mobile dengan mobilitas tinggi hingga kecepatan 144Mbps.
– WiMAX 16.m, WiMAX mobile dengan mobilitas tinggi, kecepatan hingga 1Gbps

sumber: google

nah, sekarang kita akan membicarakan kenyataannya!
Mulailah dari 3G dan 3,5G.
Apakah kamu dapat membedakan ?
W pribadi sudah bekali-kali mencobanya…
Membandingkan kecepaatan 3G dan 3,5G baik melalui kompi ataupun henpon…

Hasilnya mengecewakan, maxi speed cuma 46/kbps.
Ga bisa lebih meskipun sudah di atur menggunakan jaringan HSDPA yg di klaim 7 kali lipat lebih cepat di banding 3G.

Namun, itu w lakukan di indonesia (yaeyalah..)
kenapa kok ga bisa lebih cepat ? Ada beberapa faktor yg mempengarui:
1. Indonesia
2. Operator
3. Tempat tinggal.

Semua itu jika di rangkum jadi satu, maka. penyebap utamanya ialah sang operator. Yap…..!! Cepat tidaknya koneksi internet, semua tergantung kesadaran operator kita ini…
Meskipun beberapa provider menjanjikan kecepatan data hingga 3,6mbps, namun kenyataannya jauh dari harapan…

Kamu bisa membandingkan jika kamu sedang berada di luar indonesia, ambil contoh jepang atau korea..
Di sana, anak SD pun akan dengan cepat mengerti perbedaan 3G dan 3,5G
kenapa? Karna akses internet di sana benar2 menjanjikan….!!!!

So, jangan salahkan indonesia. Operator lah yg salah… Kenapa mereka ga sadar2 ya? Apa tidak bisa negara kita menyamai korea ?
Seandainya bisa, alangkah indahnya dunia ini.. (kasian nanti warnet ga laku, xixixixixi….)

bicara soal 3G dan 3,5G saja, kenyataanya sudah menyakitkan. Gimana nanti 4G ? Apakah akan bernasib sama?
Apakah akses yg sampai 1Gbps itu hanyalah harapan yg ga akan pernah terjadi……?

Lihat yg ada di sekitarmu, lihat bagaimana yg sesungguhnya terjadi…
Di tempat2 tertentu bahkan sinyal 3G sulit di dapatkan, bagaimana mau menikmati 4G jika 3G saja masih kalang kabut sperti itu…..?????

Kamu tau siapa penemu jaringan 4G. Dia ialah Dr. Khoirul anwar.
Beliau merupakan putra indonesia yg tinggal dan bkerja di jepang !!!
Sangat miris melihat kenyataan pahit ini, penemu 4G jelas2 dari indonesia, tapi apa yg terjadi ??? Negara kita justru telat start… Telat segala galanya…..

Semoga saja kedepannya bisa lebih baik, terutama tentang perkembangan teknologi..
Kalo seperti ini truz, w yakin. Suatu saat muncul jaringan 10G yg mungkin mampu berlari hingga 10gbps pun akan sia sia jika operator atau provider kita masih “cacat”

ini hanya sebagian contoh kecil saja, kita tentu akan belajar dari kesalahan. Belajar untuk jadi yg lebih baik lagi. Sehingga kita semua bisa sama-sama untung….

Duh pegel juga nih ngarang sepanjang ini, sebenarnya bukan ngarang artikelnya yg capek, tapi mikirnya ituloh… Hahaahahaha…

Itu saja mungkin sedikit penjelasan dari w. Apabila ada kata2 yg slah atau menyinggung pihak manapun ya mohon di maafkan… Ga ada unsur sengaja kok. Hee…..

The end. W mau baca novel lupus dulu, hehe… Kocak abis bro….
Kpn2 w share ah…
Tapi yg jelas w pake aplikasi alternate reader yg w dapet dari bro dhyka…

ingin menjadi teknisi hp? Daftar segera untuk mengikuti kursus hp….!!!! Biaya sangat murahh,, cek disini

Posted by Wordmobi

68 Tanggapan

  1. smpai operator sadar/.

  2. mantaff brooo,,,,,,

  3. wah mang skrang bnyak yg kliru sma 3G…skarang bnyak yg menganggap klo 3G tu videocall! Disini jga hsdpa g menjanjikan uda putuz2 kcepatanx g nympek tuh 3,6 mbps. seandainya 4G , 5G, 6G, smpek 100G tu skrang da ada..mau kcepatanya 1TBmbps pun percuma disini! Q stuju ma maz angga

  4. Gak usah 1GB perdetik segini aja deh, udah cukup buat ane http://bit.ly/m9wYFr

  5. gan ,di blog nih ada serial novel lupus gk, ,gw jga ska ma tu peniup permen karet!

    Thanks?,

  6. tp gue pake nokia 6120 kecpta HSDPA maximal 241 kbps, kalo rata” 70-100kbs ..kecuali kalo jam 5 sore sampe 9mlm kdg cm 0,88kbps

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: